4 Fitur Baru iPhone 15 yang Membuatnya Terlihat Menarik

Sedang Trending 2 bulan yang lalu

Fitur iPhone 15 - Header

Gadgetren – Perusahaan Apple telah memperkenalkan secara resmi sejumlah perangkat terbaru mereka melalui arena Wonderlust. Adapun termasuk di antaranya iPhone 15.

Ponsel papan atas tersebut membawa sejumlah peningkatan jika dibandingkan dengan iPhone 14 sebelumnya. Dapur pacunya dibuat semakin tangkas dengan menghadirkan chipset nan lebih mutakhir. Konfigurasi lensa utama nan dipakai pun sekarang jauh lebih tinggi.

Sedikit informasi buat Anda nan belum tahu, iPhone 15 sekarang menggunakan chipset Apple A16 Bionic nan mempunyai 6-core CPU, 5-core GPU, dan 16-core Neural Engine. Perangkat tersebut secara teknis makanya bisa lebih diandalkan untuk menangani beragam macam aktivitas.

Di sektor kamera, perangkat buatan Apple tersebut sekarang juga membawa sistem nan lebih mumpuni. Lensa beresolusi 48MP nan dikombinasikan berbareng sensor ultra-wide 12MP dan kamera depan 12MP miliknya bakalan bisa menghasilkan foto maupun video berbobot tinggi.

Di samping beberapa peningkatan nan ditawarkan, iPhone 15 menariknya juga meluncur dengan sejumlah fitur anyar nan membuatnya semakin terlihat menggoda. Sebagian di antaranya apalagi tergolong sangat baru untuk lini iPhone meskipun sebagian nan lain hanya mengambil dari model tertinggi dari generasi sebelumnya.

1. Dynamic Island

Fitur Dynamic Island nan sebelumnya hanya tersedia untuk model Pro dan Pro Max sekarang datang secara lebih merata. Perangkat iPhone 15 maupun iPhone 15 Plus nan menjadi jenis terjangkau pun sekarang sudah meluncur dengan membawa support tersebut.

Dengan hadirnya fitur Dynamic Island, layar iPhone 15 bisa terlihat lebih luas tanpa notch sebagai tempat kamera depan. Kita selain itu dapat lebih mudah untuk berinteraksi dengan beberapa perihal seperti notifikasi aplikasi, peringatan, hingga Live Activities.

Fitur iPhone 15 - 1

Gelembung Informasi nan dipakai untuk menutup lubang kamera depannya tak hanya bisa menampilkan notifikasi maupun peringatan secara bergerak saja. Para pengguna pun dapat memakainya untuk mengakses sejumlah kegunaan seperti mengontrol pemutar musik, mengelola perekam suara, menjawab FaceTime, maupun membisukan alarm.

iPhone 15 di sisi lain juga membawa layar nan menarik. Perangkat tersebut sudah memakai panel Super Retina XDR display berukuran 6,1 inci dengan resolusi gambar hingga 2556 x 1179 piksel. Sangat pas untuk menampilkan konten dengan baik.

2. USB Type-C

Mulai dari lini iPhone 15, Apple tampaknya mulai meninggalkan konektor Lightning sebagai antarmuka pengisian daya maupun transfer datanya. Ponsel baru mereka sekarang mengangkat USB Type-C nan notabene menjadi standar untuk perangkat secara universal.

Pemakaian antarmuka USB Type-C dapat memudahkan kita untuk beraktivitas. Kita setidaknya tidak perlu lagi membawa lebih banyak jenis kabel informasi untuk mengisi daya iPhone, iPad, MacBook, AirPods Pro generasi kedua, alias perangkat lainnya.

Fitur iPhone 15 - 2

Di samping itu, hadirnya antarmuka USB Type-C juga disokong dengan support reverse charging seperti sejumlah perangkat Android. Jadi kita kelak bisa memakai iPhone 15 untuk mengisi AirPods dan Apple Watch melalui kabel secara langsung.

Dukungan pengisian daya di iPhone 15 berita baiknya tak menurun meskipun Apple mengganti antarmukanya dengan USB Type-C. Berdasarkan klaim perusahaan, perangkat tersebut pun tetap bisa mengisi hingga kapabilitas 50 dalam waktu 30 menit jika memakai adaptor lebih dari 20W.

3. Precision Finding

Pada lini iPhone 15, Apple juga sudah menyematkan chip Ultra Wideband generasi kedua nan memungkinkan dua buah perangkat dapat tetap terhubung dan berkomunikasi meskipun berjarak sangat jauh hingga tiga kali lebih baik dari sebelumnya.

Ultra Wideband sendiri merupakan sebuah chip dengan teknologi jaringan nirkabel nan bisa mendeteksi posisi antar perangkat secara lebih akurat. Kita dapat menjumpainya di sejumlah ponsel masa sekarang termasuk lini Samsung Galaxy.

Fitur iPhone 15 - 3

Untuk iPhone 15, pemakaian chip Ultra Wideband generasi kedua ini dapat meningkatkan keahlian dari fitur Find My friends. Pengguna sekarang dapat menggunakan kegunaan Precision Finding nan memungkinkan kita berbagi dan mencari letak kawan secara lebih jeli meski dalam keramaian.

Menariknya, kegunaan Precision Finding untuk Find My friends nan bakal didistribusikan berbareng iOS 17 pun tak hanya dapat dipakai untuk sesama pengguna iPhone. Kita di masa mendatang pun dapat memakainya untuk mencari kawan alias personil family nan memakai Apple Watch Series 9 dan Apple Watch Ultra 2.

Sayangnya, kegunaan menarik ini tak hanya memerlukan chip Ultra Wideband generasi kedua saja melainkan juga regulasi. Jadi kami belum bisa memastikan apakah bakal tersedia juga untuk daerah Indonesia alias tidak ketika iPhone 15 resmi diluncurkan ke sini.

4. Smart HDR 5

Selain membawa sistem kamera nan lebih maju dengan resolusi lensa utama lebih tinggi, iPhone 15 juga datang dengan Smart HDR generasi baru. Fitur ini mempunyai keahlian nan lebih baik untuk menangani pengambilan gambar di lingkungan dengan kondisi sinar terlalu terang maupun tidak merata.

Disebut dengan Smart HDR 5, support penunjang untuk kamera ini diklaim bisa menangkap subjek dan latar belakang dengan rendering warna kulit nan terlihat lebih nyata. Foto-foto nan dihasilkan pun bisa mempunyai pencahayaan nan lebih cerah, midtone nan lebih kaya, dan gambaran nan lebih dramatis.

Proses rendering dari Smart HDR 5 menariknya juga diklaim bakal mendukung sistem kamera dari aplikasi-aplikasi dari pihak ketiga seperti media sosial maupun layanan pesan instan. Jadi kelak gambar nan dibagikan secara daring di platform terkait tetap bisa terlihat memesona.

Smart HDR 5 juga bakal bekerja untuk semua lensa di iPhone 15. Kita dalam perihal ini dapat memakainya untuk menghasilkan foto nan bagus baik itu dengan memakai kamera utama 48MP, sensor ultra-wide 12MP, maupun kamera depan TrueDepth 12MP milik perangkat tersebut.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren nan aktif membikin konten tentang pedoman teknologi mulai dari langkah menggunakan hingga membahas istilah-istilah unik di dalamnya.

Selengkapnya
Sumber Gadgetren.com
Gadgetren.com
Atas